SBY dan Pesan Kiai Misterius di Jalan Jaksa

SBY dan Kiai Muda di Jalan Jaksa

SBY dan Kiai Muda di Jalan Jaksa

Jauh sebelum menjabat Presiden, SBY dianggap tak bisa lepas dari dunia mistik. Setidaknya, ada dua kiai penasihat spiritual SBY. Moh Anshari dari Indonesia Monitor mewawancarai Achmad Mubarok, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat yang kerap dipercaya SBY sebagai ‘pintu penghubung’ dengan kalangan spiritual. Berikut petikannya:

Sejauh mana pertalian SBY dengan dunia mistik?

Dulu, menjelang pencalonannya, Pak SBY sering mendapat isyarat dari para tokoh ulama yang memintanya bersedia mencalonkan diri sebagai Presiden 2004. Para ulama yang selalu menopang di belakang SBY memakai nama sandi ‘Kiai Langitan Banten’.

Ada dua kiai yang setia menopang di belakang SBY. Pertama, kiai misterius asal Banten yang tidak pernah mau disebut namanya sampai sekarang. Ciri-cirinya, usia masih muda, berpenampilan sederhana seperti bukan kiai, dan tinggal di sebuah gunung di Banten yang lokasinya berdekatan dengan Alm Mbah Dimyati (ulama karismatik Banten).

Uniknya, kiai misterius ini nggak pernah ketemu sama sekali dengan SBY. Komunikasinya lewat jarak jauh dan melalui beberapa perantara. Salah satunya saya. Kalau saya ketemu (dengan kiai misterius), biasanya di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat. Terkadang di terminal, bandara atau lokasi wisata.

Kalau akan terjadi sesuatu yang kurang kondusif, dia nitip pesan kepada SBY lewat saya. SBY disuruh shalat tahajjud dan disuruh baca ‘Hasbunallah wa ni’mal wakil’’ sebanyak 7 kali. Bacaannya ringan- ringan saja. Kiai ini pula yang sudah jauh-jauh hari menangkap isarat bahwa SBY bakal jadi orang besar dan bakal terpilih sebagai presiden tahun 2004 lalu.

Hingga sekarang, kiai ini masih terus membimbing SBY dari jarak jauh. Kedua, KH. Nashihin (40), dari Pati, Jawa Tengah yang juga penasihat Jam’iyah Ahlit Thariqah Mu’tabarah Indonesia (JATMI). Beliau penasihat spiritual Pak SBY sejak menjadi Menko Polkam. Dia pula yang menyarankan Pak SBY mendirikan Partai Demokrat kemudian diminta mencalonkan diri sebagai capres 2004.

Laku spiritual yang dijalankan Pak SBY adalah melakukan ziarah ke makam para wali, seperti Kyai Kholil Bangkalan Madura, Maulana Hasanudin Banten, Sunan Gunung Djati Cirebon, Habib Husein Alaydrus Luar Batang Jakarta Utara dan lain-lain. Perjalanan spiritual tersebut setidaknya menjadikan Pak SBY punya keyakinan dan spirit batin yang tinggi.

Jangan-jangan, SBY juga meminta wangsit dulu dari penasihat spiritualnya sebelum memutuskan kebijakan?

Pak SBY bukan orang mistik. Dia sangat rasional. Dalam memutuskan kebijakan, Pak SBY lebih mengandalkan pertimbangan rasional ketimbang pertimbangan mistik. Tapi, minta didoakan kepada ulama. Dia memandang kiai sebagai orang yang harus dihormati, dimintai nasehatnya, dan diminta barokahnya. Siapa tahu akan mendatangkan barokah. Kiai-kiai nggak pernah ngasih wirid yang panjang-panjang.

SBY hanya diberi tasbih pemberian Syeikh Hisyam Kabbani (ulama asal Amerika) yang selalu dibawa kemana pun pergi. Ada lagi sebuah sorban pemberian KH Nashihin Pati. Tapi, tokoh-tokoh spiritual ini melakukan pengamanan secara supranatural tanpa sepengetahuan Pak SBY.

Apakah benar SBY sudah dibai’at (diikat) sebagai anggota tarekat?

Betul. Pak SBY pernah dibai’at menjadi anggota tarekat Naqsyabadiyah pimpinan Syaikh Hisyam Kabbani. Suatu ketika, Syaikh ini ketemu dengan Pak SBY sebelum jadi Presiden. Dia berkata berulang-ulang, “You will be president” kepada Pak SBY. Setelah itu, Pak SBY dibaiat sebagai anggota tarekat Naqsyabandiyah.

Hingga sekarang Pak SBY masih mengamalkan amalan tarekat itu. Bahkan, Pak SBY masih suka mengadukan diri kepada Syaikh kalau sedang menghadapi persoalan.

Menghadapi 2009, sudahkah ada wangsit dari penasihat spiritual buat SBY untuk kembali maju?

Belum ada pesan apakah Pak SBY diizinkan mencalonkan kembali atau tidak. Yang pasti, sudah ada isyarat dari beberapa ulama bahwa SBY akan menghadapi sejumlah rintangan dalam tahun-tahun ke depan. Jika pun memerintah kembali, Pak SBY diramal menemui zaman yang teramat sulit.

Advertisements

6 Responses to “SBY dan Pesan Kiai Misterius di Jalan Jaksa”

  1. opinipolitik Says:

    Mas..wartawan Indonesia Monitor ya? Kok, blognya gak pernah di up date lagi dengan berita tabloid IM. Oh ya, salam kenal dari saya Dayat

  2. Anu, beritanya menarik. Tapi caption fotonya kurang tepat. Itu foto SBY dengan Syaikh Hisham Kabbani, pimpinan tarekat Naqsabandiah Haqqaniah dari AS. Ente sekarang di Indonesia Monitor?

  3. yach walaupun secuil artikelnya, lumayan lah.. salam kenal untuk yang ngasuh dan mampir di blog ini

  4. yang bener sih sby g jauh dari dunia mistik pantesan pas udah jadi presiden bencana muluu

  5. Sigid Widodo Says:

    dimana alamatnya pak kiai saya sekeluarga mau sowan untuk mohon doanya supaya lancar usahanya,Amiin.

  6. Isu ini sudah lama, makanya sebagian umat Islam tidak mendukung beliau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: